Selasa, 11 Januari 2011

MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR

A. Memilih peralatan kantor
• Perbekalan tata Usaha
• Mengetahui dan mengelola mesin- mesin dan peralatan kantor
• Mengidentifikasi bahan alat dan perabot yang akan digunakan dalam bekerja
Mekanisme dan otomatisasi menyusup ke segala bidang kegiatan, juga ke dalam kegiatan dalam bidang perkantoran, untuk tujuan efisiensi setinggi-tingginya, mulai dari kantor kecil sampai pada kantor besar tidak luput dari penggunaan teknologi canggih.

1. Perbekalan Tata Usaha
Kegiatan kantor selain kertas dan alat tulis untuk melaksanakan tata usaha masih diperlukan bermacam macam barang perbekalan yang banyak sekali ragamnya dan jumlahnya, seperti amplop, bak surat, bantalan.
Ada beberapa jenis perbekalan tata usaha digolongkan sebagai berikut :
1. Barang lembaran : kertas tik, karbon, berkas
2. Barang bentuk lain : lem, karet penghapus, tinta
3. Alat tulis : pensil, pulpen, cap nomor
4. Alat keperluan lain : alat pencabut jepitan, kawat, mistar, bantalan cap
5. Mesin perkantoran : mesin tik, mesin hitung, mesin stensil
6. Perabot perkantoran : meja kursi, lemari, peti besi

2. Macam- macam Mesin Kantor
1. Pelubang kertas kegunaan alat ini adalah untuk membuat lubang pada kertas surat yang akan diarsipkan kedalam ordner
2. Mesin pemberi nomor adalah mesin untuk memberikan nomor pada saat surat yang belum diberi nomor pada saat surat sudah diketik, buku agenda surat keluar, buku agenda maupun pada amplop surat.
3. Mesin penjepret kertas kegunaan penjepret ini adalah untuk menjepret kertas agar rapi bila hendak mengirim surat yang mempunyai lembar lebih dari sati atau kita menginginkan hasil ketikan yang rapi dan tidak tercecerpada waktu mengetik rangkap


B. Mengoperasikan peralatan kantor
Tujuannya yaitu :
1. Mengenali jenis-jenis mesin kantor.
2. Mengoperasikan mesin dan alat kantor sesuai dengan tehnik pengoperasian.
3. Menggunakan mesin tik manual untuk format/formulir.

Dalam dunia modern dengan perkembangan teknologi yang luar biasa dewasa ini, pekerjaan perkantoran dapat dikatakan mengalami perubahan corak dan sifat. Kalau zaman dahulu perlengkapannya cukup berupa lembaran kertas dan alat tulis, kini kertas itu dilengkapi dengan pita rekaman, layar gambar, papan mengetik, lemar film, sedang alatnya dapat berupa berbagai macam mesin perkantoran.
Mesin perkantoran adalah segenap alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim,mengganda, dan mengolah bahan keterangan yang bekerja secara mekanik,elektrik, elektronik. Mesin perkantotan terdiri dari berbagai macm dn terus berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi modern.

Langkah- langkah mengoperasikan Alat Komunikasi
Saling berkomunikasi sesama manusia pada dasarnya aalah untuk bekerja sama yang berkaitan dengan kebutuhan dan kegiatan manusia itu sendiri. Komunikasi dalam suatu perkantoran sangat penting, karena tanpa komunikasi berarti kantor itu tidak ada kegiatan. Sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi dan berkomunikasi kini lebih banyak menggunakan peralatan, karena dengan peralatan komunikasi akan lebih efisien dan cepat, baik dalam penggunaan waktu serta ketepatannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar